Kamis, 19 April 2012

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MASA PRENATAL


PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
MASA PRENATAL
Oleh
Agus Tomi (108141410064)
Cakra Ashar F. (208141419523)
Guntur Tri Cahyono (108141415274)
M. Fendik Setyawan (108141410056)
Nungky Firdiani (108141410047)
Nurias Zetya N. L. (108141410062)
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
MALANG
2008
1. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler, bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruan, sehingga dapat di ukur dengan satuan panjang dan berat.
Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian.
2. Ciri – ciri dan prinsip tumbuh kembang anak
• Ciri – ciri :
a. perkembangan menimbulkan perubahan
b. pertumbuahan dan perkembangan pada awal menentukan perkembangan selanjutnya.
c. Perkembangan dan pertumbuhan mempunyai kecepatan yang berbeda
d. Perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan
e. Perkembangan mempunyei pola yang tetap
f. Perkembangan memiliki tahap yang berurutan
• Prinsip :
a. perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar
b. pola perkembangan dapat diramalkan
3. Faktor – faktor yang mempengaruhi kwalitas tumbuh kembang anak
a. faktor dalam (Internal) :
o Ras / Etnik / bangsa
o Keluarga
o Umur
o Jenis kelamin
o Genetik
o Kelainan kromosom
b. faktor luar (Eksternal)
c. faktor prenatal :
o Gizi
o Mekanis
o Toksin / zat kimia
o Endikrin
o Radiasi
o Infeksi
o Kelainan imonologi
o Anoksia embrio
o Psikolofi Ibu
d. faktor persalinan
e. faktor pasca salin :
? Gizi
? Penyakit kronis
? Lingkunagn fisis dan kimia
? Psikologis
? Endokrin
? Sosial – Ekonomi
? Lingkungan pengasuhan
? Stimulasi
? Obat – obatan
4. Aspek perkembangan yang dipantau
a. Gerak kasar atau motorik kasar
b. Gerak halus atau motorik halus
c. Kemampuan bicara dan bahasa
d. Sosialisasi dan kemandirian
5. Periode tumbuh kembang anak
a. Masa prenatal ( masa jenis dalam kandungan)
? Masa zigot atau mudigah konsepsi – 2 minggu
? Masa embrio 2 minggu – 8/12 minggu
? Masa janin atau fetus 9/12 minggu – akhir kehamilan :
? Fetus dini 9 minggu – trimester ke- 2
? fetus lanjut trimester akhir kehamilan
Menjaga agar janin tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat :
o Menjaga kesehatan dengan baik
o Selalu berada dalam lingkungan yang menyenangkan
o Mendapat nutrisi yang sehat untuk janin yang dikandungnya
o Memeriksa kesehatan secara teratur ke sarana kesehatan
o Memberi stimulasi dini terhadap janin
o Memberikan kasih saying terhadap janin baik dari suami maupun keluarga
o Menghindari stres baik fisik maupun psikis
o Tidak bekerja berat yang nantinya dapat membahayakan kondisi kehamilan.
b. Masa bayi (infancy) 0 sampai 11 bulan dibagi dalam dua periode :
1) Masa neonatal 0 sampai 28 hari. Dibagi menjadi 2 periode :
? neonatal dini umur 0 – 7 hari
? neonatal lanjut umur 8 – 28 hari
Hal – hal yang dilakukan agar bayi tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat :
o bayi lahir lahir ditolong oleh tenaga kesehatan yang terlatih, di sarana kesehatan yang memadai.
o Untuk mengantisipasi resiko buruk pada bayi saat dilahirkan, jangan terlambat pergi ke sarana kesehatan bila dirasakan sudah saatnya untuk melahirkan.
o Saat melahirkan sebaiknya didampingi oleh keluarga
o Sambutlah kelahiran anak penuh suka cita dan penuh syukur
o Berikan ASI sesegera mungkin
2) Masa Post (pasca) neonatal 29 hari – 11 bulan
Masa bayi adalah masa dimana kontak erat antara ibu dan anak terjalin, sehingga dalam masa ini, pengaruh ibu dalam mendidik anak sanyat besar
c. Masa balita (12 – 59 bulan)
Masa 3 tahun pertama :
o Belajar berjalan
o Mengenal huruf
o Bersosialisasi
o Berbicara
Perkembangan moral serta dasar – dasar moral dan kepribadian anak juga dibentuk pada masa ini sehingga setiap kelainan atau penyimpangan sekecil apapun apabila tidak dideteksi apalagi tidak ditangani dengan baik akan mengurangi kwalitas SDM dikemudian hari.
d. Masa anak Prasekolah (60-72 bulan)
o Pertumbuhan stabil melakukan aktivitas jasmani serta memulai keterampilan dan proses berfikir.
o Anak mulai senang bermain di luar
o Anak mulai berteman
Perlu diperhatikan bahwa proses belajar pada masa ini adalah dengan cara bermain. Orang tua dan keluarga berperan memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, agar dapat dilakukan intervensi dini bila anak mengalami kelainan atau gangguan.
6. Tahapan Perkembangan Anak Menurut Umur
a) Umur 0 – 3 bulan :
• Mengankat kepala setinggi 45 derajat
• Menggerakkan kepala dari kiri, kanan
• Melihat dan menatap wajah anda
• Mengoceh spontan / bereaksi dengan mengoceh
• Suka tertawa keras
• Bereaksi terkejut terhadap suara keras
• Membalas tersenyum ketika di ajak bicara
• Mengenal ibu dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, kontak.
b) Umur 3 – 6 bulan
• Berbalik dari telungkup ke terlentang
• Mengankat kepala setinggi 90 derajat
• Mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil
• Menggenggam pensil
• Meraih benda yang ada dalam jangkauannya
• Memegang tangannya sendiri
• Mengarahkan pancangan mata kepada benda – benda kecil
• Mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik
• Tersenyum ketika melihat mainan atau gambar yang menarik saat bermain sendiri.
c) Umur 6 – 9 bulan
• Duduk
• Belajar berdiri
• Merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang
• Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain
• Memungut dua benda pada masing – masing tangan
• Bersuara tanpa arti
• Bermain tepuk tangan
d) Umur 9 – 12 bulan
• Mengankat badan ke posisi berdiri
• Belajar berdiri selama 30 detik untuk meraih barang yang diinginkan
• Memasukkan benda ke mulut
• Mengulang bunyi yang di dengar
• Menyebut 2 – 3 suku kat yang sama tanpa arti
• Mengeksplorasi sekitar, ingin tahu, ingin menyentuh apa saja
• Bereaksi terhadap suara yang perlahan atu bisikan
• Senang diajak bermain
• Mengenal anggota keluarga
e) Umur 12 – 18 bulan
• Berdiri sendiri tanpa berpegangan
• Membungkuk, memungut mainan kemudian berdiri kembali
• Berjalan mundur lima langkah
• Memanggil ayah dengan sebutan papa, ibu dengan sebutan mama
• Menumpuk 2 kubus
• Menunjukkan apa yang diinginkan tanpa menangis atau merengek
• Melihatkan rasa cemburu atau bersaing
f) Umur 18 – 24 bulan
• Berjalan tanpa terhuyun – huyun
• Bertepuk tangan melambai – lambai
• Menumpu 4 buah kubus
• Memungut benda kecil dengan ibu jari dan jari – jari telunjuk
• Membantu atau meniru pekerjaan rumah
• Memegang cangkir sendiri atau belajar makan dan minum
g) Umur 24 – 36 bulan
• Jalan, naik tangga sendiri
• Dapat bermain dan menendang bola kecil
• Mencoret coret pensil pada kertas
• Bicara dengan menggunakan 2 kata
• Makan nasi sendiri tanpa tumpah
• Dapat menunjuk 1 atau lebih bagian tubuhnya ketika diminta
• Melihat gambar dan dapat menyebutnya dengan benar
• Melepas pakaiannya sendiri
h) Umur 36 – 48 bulan
• Berdiri a kaki 2 detik
• Melompat lompat
• Mengayun sepeda roda 3
• Menggambar garis lurus
• Menumpuk 8 buah kubus
• Menyebut nama, umur, tempat lahir
• Mendengarkan cerita
• Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri
i) Umur 60 – 72 bulan
• Berjalan lurus
• Menggambar 6 bagian
• Menggambar orang lengkap
• Menangkap bola kecil dengan kedua tangan
• Menggambar segi 4
• Mengerti arti lawan kata
• Mengerti pembicaraan yang menggunakan 7 kata atau lebih
7. Beberapa Gangguan Tumbuh Kembang Anak
? Gangguan bicara dan bahasa
? Cerebral palsy
? Sindrom down
? Perawakan pendek
? Gangguan autisme
? Retardasi mental
? Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH)


0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates